Rabu, 07 Mei 2014



PROPOSAL USAHA
IT CLINIC CENTRE & NETWORKING
Guna untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan






DISUSUN OLEH :
SOFIYATI          0612044




AKADEMI KEBIDANAN AR-RUM SALATIGA
TAHUN 2014

BAB I
ANALISA

Perkembangan dunia teknologi dan informasi pada saat sekarang begitu cepat dan selalu mengikuti pergerakan masyarakat. Hal inilah yang membuat ketergentungan antara masyarakat dan komputer. Serta kebutuhan masyarakat untuk berkomunikasi dengan yang lainnya dalam jarak yang jauh melalui fasilitas jaringan internet sehingga masyarakat sangat membutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan komputer dan tidak sedikit dari masyarakat awam mengalami kendala dalam menggunakan komputer dan perangkat teknologi informasi lainnya.
Dari penjelasan diatas akan menjadi landasan utama bagi kami dalam mendirikan usaha di bidang IT khusunya pelyanan jasa di bidang IT, beberapa hal yang menjadi faktor utama pendirian usaha IT CLINIC and NETWORKING yaitu :
  1. Masyarakat yang menggunakan ataupun mempunyai PC  sering mengalami kendala masalah dalam perbaikan kerusakan-kerusakan yang terjadi pada PC nya baik untuk Software(Piranti Lunak) maupun Hardware(Piranti Keras) komputer itu sendiri dan perawatan atas PC nya (Maintenance).
  2. Masyarakat sangat membutuhkan layanan internet dalam mengakses informasi-informasi yang berkembang baik untuk di pakai secara pribadi (Home) maupun Organisasi (WorkGroup) namun mereka belum bisa memasang instalasi jaringan internet untuk hal tersebut.
  3. Kebutuhan pribadi maupun organisasi untuk membuat sebuah sistem informasi tentang orgnisasi itu yaitu Website sebagai fasilitas untuk memperkenalkan tentang organisasi itu melalui dunia maya.
  4. Keinginan masyarakat untuk mempunyai sebuah akun di dunia maya melalui weblog pribadi atau komersil sebagai bagian dari jejaring sosial untuk berbagi data, music, tutorial dan banyak lagi, namun mereka belum mampu mendesign tampilan yang bagus untuk webblog tersebut.
  5. Kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan informasi dalam berbagai masalah yang mereka hadapi di bidang IT, dengan pelayanan konsultasi IT kami menyediakn jawaban utntuk itu.
Dari faktor beberapa faktor utama di atas maka saya akan mendirikan usaha pelayanan jasa di bidang teknologi informasi ini.


BAB II
PERENCANAAN

A.    OBJEKTIVITAS
1.      Tujuan Usaha
a.       Menciptakan  lapangan kerja bagi masyarakat dan para lulusan SMK di bidang IT.
b.      Membantu masyarakat khususnya di bidang IT jika ada masalah tentang IT dan Networking.
c.       Mencari keuntungan/laba dalam usaha.
2.      Prospek Usaha
Semakin berkembangnya teknologi di bidang IT , maka saya akan membuka usaha IT Clinic & Networking.
Usaha ini bergerak di bidang IT dan jaringan, usaha ini memberikan jasa layanan konsultasi tentang masalah IT dan Networking, jual beli komputer dan laptop ,service laptop dan komputer,  perlengkapan jaringan , perakitan jaringan, dan accessoris laptop.

B.     MARKETING STRATEGIS (STRATEGI PEMASARAN)
1.      Segmentasi Pasar
a.       Terukur
1.      Cara promosi saya dengan membuat Blog Shop di internet , brosur , MMT, dan melalui radio.
2.      Memberikan pelayanan yang ramah dan prima agar pelanggan merasa puas.
3.      Menetapkan harga yang sesuai dengan harga pasaran.
b.      Terjangkau
Layanan penjualan bisa dilakukan melalui jejaring sosial atau blog shop. Atau pembeli bisa datang langsung ke tempat penjualan.


c.       Cukup Luas
Dalam usaha di bidang IT ini saya melakukan kerja sama di sekolah-sekolah SMK yang mempunyai kejuruan di bidang IT seperti MultiMedia, Teknologi komputer dan jaringan, Percetakan, Rekayasa perangkat lunak, dll. Dan perusahaan yang bergerak di bidang IT.
d.      Dapat Dilaksanakan
Setelah saya mendapatkan izin mendirikan usaha , kemudian saya akan melaksanakan dan menjalankan usaha di bidang IT.
2.      Penetapan Pasar dan Sasaran
Usaha ini merupakan pasar individual yang sasarannya ditujukan kepada masyarakat umum di bidang komputer atau teknologi.
3.      Penempatan Produk
a.       Penentuan posisi menurut atribut
IT dan Networking merupakan usaha di bidang layanan barang dan jasa tentang teknologi dan jaringan komputer. Kualitas  produknya bagus ,harga lebih terjangkau, diberikan garansi setiap barang/produk.
b.      Penentuan posisi menurut manfaat
Semakin berkembangnya teknologi informasi , bermanfaat bagi para pelajar, mahasiswa, bisnis sebagai salah satu media terbesar dan tercepat bisa digunakan untuk pendorong majunya pendidikan dan kerja.
c.       Penentuan posisi menurut penggunaan atau penerapan
Menjamin kualitas barang dan jasa yang memuaskan dan memberikan garansi di setiap pembelian barang, dengan memberikan jasa konsultasi gratis.
d.      Penentuan posisi menurut pemakai
Menyediakan barang dan jasa dengan kualitas yang tinggi sesuai kebutuhan pemakai/konsumen.
e.       Penentuan posisi menurut pesaing
Saat ini usaha dalam bidang IT sudah banyak pesaing yang cukup ketat, tetapi dengan kalitas barangnya dan harga yang membedakan. 
f.       Penentuan posisi menurut kategori produk
Produk yang dijual ini bukan hanya untuk perkantoran , tetapi bisa juga untuk media pembelajaran pendidikan. Contohnya pembuatan website untuk promosi instansi, membuat satu produk untuk media pembelajaran di sekolah.
g.      Penentuan posisi menurut harga atau kualitas
Di usaha ini saya menawarkan harga yang terjangkau dan kualitas yang baik.

C.    MARKETING MIX (BAURAN PEMASARAN)
1.      Produk ( jenis produk )
a.       Produk inti                        : jenis produk barang
b.      Produk nyata         : kualitas barang yang baik
c.       Produk tambahan  : memberikan layanan yang prima dan memuaskan agar konsumen/pembeli merasa puas dengan menjual perlengkapan komputer/laptop, aksesoris laptop, software program dan jasa layanan konsultasi pembuatan website dan media pembelajaran untuk presentasi.
2.      Price (harga)
Daftar harga                : harga di sesuaikan dengan kualitas produk barang dan jasa.



Harga Mouse





Harga Harddisk internal







Harga RAM


Potongan harga           : pembelian barang dengan harga di atas Rp 50.000 akan mendapatkan potongan harga10%.
Pembayaran                 : pembayaran bisa dilakukan langsung kepada penjual dan bisa melalui rekening transfer .
3.      Place (tempat usaha)
Lokasi                          : kawasan kampus Undip yaitu di Ngesrep                                                                              Tembalang Semarang.

Transportasi                 : angkota
Persediaan barang       : barang yang disediakan cukup memadai seperti                                                         harddisk, flashdisk, software instalasi, dll.
Distributor                   : di perusahaan yang bergerak di bidang teknologi                                                      IT.
Pengecer                      : toko-toko yang menjual perlengkapan laptop dan                                                      komputer atau tempat service komputer.
4.      Promotion (promosi)
a.       Periklanan
Dalam usaha ini saya mempromosikan produk jasa dan barang melalui media internet , media masa(cetak), melalui broadcast (radio), spanduk.
b.      Penjualan pribadi
Mendatangi langsung ke perusahaan atau perkantoran , promosi ke sekolah yang mempunyai kejuruan IT. Atau datang ke distributor toko yang disetorkan.
c.       Promosi penjualan
Mempromosikan dengan menjamin kualitas barang dan jasa , dan memberikan garansi di setiap barang . Apabila barang masih dalam keadaan garansi barng tersebut terdapat masalah , konsumen bisa datang langsung ke tempat toko penjualan.
d.      Publikasi
Memberikan contoh hasil pembuatan produk website dan media pembelajaran ke sekolah-sekolah atau instansi dengan memberikan diskon pembuatan kepada konsumen pelanggan yang pertama kali datang.
5.      People
Sumber Daya Manusia (SDM) diperoleh dari pengelola usaha dan karyawan.
6.      Process
Memberikan layanan / service kepada pelanggan / konsumen dengan ramah , memuaskan, dan memberikan harga yang terjangkau sesuai dengan kualitas barang , dan kualitas penyampaian konsultasi yang baik.
7.      Physical evidence (keadaan sekitar)
Tempat usaha/ toko tempat penjualan adalah bersih, luas , tempatnya modern, nyaman untuk konsultasi tentang masalah penggunaan IT , sekaligus tempatnya strategis , mudah di jangkau.


BAB III
PELAKSANAAN PERENCANAAN



A.    LOKASI USAHA
Lokasinya berada di daerah kawasan kampus Undip yaitu di Ngesrep Tembalang Semarang.

B.     SUMBER DAYA DAN TENAGA
Sumber daya dan tenaga diperoleh dari pendiri usaha dan karyawan yang mampu bekerja dengan baik dan jujur.



















C.    SUMBER DANA
1.      Kebutuhan membeli alat
Analisa Penjualan product dan jasa
Product dan Jasa
Harga Satuan
Jumlah Permintaan
Total
Ket
Instalasi Windows Xp
Rp30.000
10
Rp300.000

Instalasi windows Vista
Rp35.000
3
Rp105.000

Instalasi Windows 7
Rp35.000
9
Rp315.000

instalasi linux
Rp50.000
1
Rp50.000

pembuatan webiste pribadi
Rp200.000
1
Rp200.000

pembuatan website organisasi dan forum
Rp350.000
1
Rp350.000

Pembuatan Website Komersil
Rp500.000
1
Rp500.000

pembuatan webblog pribadi
Rp50.000
3
Rp150.000

pembuatan webblog forum
Rp60.000
1
Rp60.000

pembuatan webblog komersil
Rp10.000
1
Rp10.000

instalasi jaringan warnet
Rp300.000
2
Rp600.000

instalasi jaringan  rumah
Rp100.000
2
Rp200.000

Editing Photo
Rp10.000
5
Rp50.000

editing video
Rp50.000
3
Rp150.000

pembuatan program sederhana
Rp50.000
2
Rp100.000

Konsultasi IT
-


Gratis
Scaning Virus
-


Gratis
Penjualan Akseoris Komputer
Rp10.000
50
Rp500.000

Total Perkiraan Permintaan

95
Rp3.640.000






No
Kebutuhan
Banyak
Satuan
Harga/satuan
Jumlah

Tahap Awal




1
Sewa Toko
1
Tahun
Rp6.000.000
Rp6.000.000

Pembelian Etalase
1
Unit
Rp1.150.000
Rp1.150.000
2
 150 cm x 50cm x 100cm




3
Pembelian Cat dinding
3
kaleng
Rp45.000
Rp135.000
4
Tikar 4x4 m
1
Lembar
Rp130.000
Rp130.000
5
Alat Kebersihan
1
Set
Rp50.000
Rp50.000
6
Pemasangan Speedy
1
Bulan
Rp175.000
Rp175.000

JUMLAH



Rp7.640.000

Pembelian Alat




7
Perangkat Komputer
1
Unit
Rp3.500.000
Rp3.500.000
8
Speaker
1
Unit
Rp100.000
Rp100.000
9
Printer 3 in 1
1
Unit
Rp625.000
Rp625.000
10
Meja Komputer
1
Unit
Rp350.000
Rp350.000
11
Alat Service
1
Set
Rp75.000
Rp75.000
12
HUB Router
2
Set
Rp230.000
Rp460.000
13
Modem ADSL
1
set
Rp350.000
Rp350.000
14
DVD exsternal
1
Unit
Rp400.000
Rp400.000

JUMLAH



Rp5.860.000

 Accesoris Komputer




15
Mouse USB
5
set
Rp35.000
Rp175.000
16
Keyboard
5
set
Rp40.000
Rp200.000
17
Mouse Pad
1
pack
Rp5.000
Rp5.000
18
Keyboard Protector
5
pack
Rp10.000
Rp50.000
19
Cleaner
3
set
Rp15.000
Rp45.000
20
Screean Guard
3
set
Rp50.000
Rp150.000
21
Tinta Print Warna
3
set
Rp17.000
Rp51.000
22
Tinta Print Hitam
3
set
Rp20.000
Rp60.000
23
Kaabel Data
10
set
Rp5.000
Rp50.000
24
Kabel Power
10
set
Rp5.000
Rp50.000
25
Cardreader
5
set
Rp5.000
Rp25.000
26
Fan CPU
5
set
Rp5.000
Rp25.000
27
Cooling Laptop
5
set
Rp45.000
Rp225.000
28
CD-R
2
pack
Rp47.000
Rp94.000
29
CD-RW
2
pack
Rp52.000
Rp104.000
30
DVD-R
2
pack
Rp55.000
Rp110.000
31
DVD-RW
2
pack
Rp60.000
Rp120.000
32
Flashdisk 4 GB
3
set
Rp70.000
Rp210.000
33
Flashdisk 8 GB
3
set
Rp110.000
Rp330.000

JUMLAH



Rp2.079.000
34
Listrik
1
Bulan
Rp100.000
Rp100.000
35
Telphone
1
Bulan
Rp200.000
Rp200.000
36
Transportasi Pembelian Barang
4
Bulan
Rp200.000
Rp800.000
37
Pembelian Dispencer
1
Unit
Rp300.000
Rp300.000
38
Pengisian Galon
4
Bulan
Rp20.000
Rp80.000

JUMLAH



Rp1.480.000

Promosi




39
Pembuatan Pamflet
50
Lembar
Rp2.000
Rp100.000
40
Hosting Website
1
Tahun
Rp200.000
Rp200.000
41
Iklan Radio
1
Bulan
Rp200.000
Rp200.000

JUMLAH



Rp500.000
 42
Biaya Tak Terduga



Rp2.000.000

TOTAL BIAYA



Rp19.559.000


2.      Biaya tiap bulan
Jumlah biaya                                                                Rp 1.480.000
3.      Lain-lain
Biaya                                                                           Rp 2.000.000

Pengeluaran tetap
            Tahap awal                                                      Rp 7.640.000
            Pembelian alat                                                 Rp 5.860.000
            Jumlah                                                           Rp 13.500.000

Pengeluaran rutin
            Biaya tiap bulan                                              Rp 1.480.000
            Biaya pembelian produk                                 Rp 5.719.000
            Lain-lain                                                          Rp 2.000.000
            Jumlah                                                           Rp 9.199.000






1.      Pengeluaran
Pengeluaran tetap                                                                    Rp 13.500.000
Pengeluaran rutin                                                                    Rp 9.199.000
Jumlah                                                                                   Rp 22.699.000
2.      Modal
Modal sendiri                                                                          Rp 15.000.000
Modal pinjaman                                                                      Rp 7.699.000
Jumlah                                                                                   Rp 22.669.000

D.    BRANDING

E.     PENGAWASAN / MONITORING
Pengawasan yang dilakukan dengan mengecek semua barang ada yang rusak , bermasalah atau tidak.


BAB IV
PENGENDALIAN DAN EVALUASI


A.    RESPON KLIEN KONSUMEN
Dari pihak perusahaan dan pengguna IT merasa puas atas pelayanan dan barang yang di tawarkan.

B.     RESPON MASYARAKAT
Masyarakat atau pengguna mendukung dengan usaha ini karena membantu adanya masalah di bidang IT dan memajukan teknologi di masyarakat .

C.    RESPON PEMERINTAH
Pemerintah juga merasa terbantu karena membantu kemajuan teknologi terutama untuk bidang pendidikan dan perusahaan.

D.    EVALUASI EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI USAHA
Dalam usaha ini menjual produk yang harga terjangkau tetapi kualitasnya bagus , sehingga konsumen tertarik untuk datang , apalagi jasa layanan konsultasi tentang masalah IT tidak ada biaya.

  

  






Tidak ada komentar:

Posting Komentar